Kembali Donor Darah Whole Blood di PMI Kramat DKI Jakarta
Cerita ini dibuat saat donor darah pada tanggal 29 Desember 2020

Akhir Tahun 2020 saya Donor Darah Whole Blood di PMI Kramat DKI Jakarta, biasanya saya donor Apheresis di RSK Dharmais. Saya sudah lama sekali nggak donor disini, terakhir donor awal Januari 2016.

Ada beberapa hal yang membuat saya memutuskan untuk kembali donor disini, awalnya waktu Blood4LifeID dapat undangan acara digedung PMI Kramat ini.

Saat itu saya sudah waktunya untuk Donor Darah. Selesai acara, saya kepikiran untuk sekalian Donor Darah Apheresis disana.

Mesin Apheresis untuk donornya ternyata sudah dipindahkan ke lantai 2 sejak awal pandemi, naiklah saya keruangan Donor Apheresis.

Ternyata saya nggak bisa Donor Apheresis dihari itu, selain karena kebutuhan donor Plasma & Trombosit A+ nggak ada (PMI nggak berani nyetok), data screening darah saya sudah terlalu lama di sistem indmformasinya PMI Kramat.

Meskipun 2 minggu sebelumnya saya Donor Apheresis di RSK Dharmais, SOP mereka tidak membolehkan untuk Donor Apheresis.

Saya diharusakan untuk donor Whole Blood disana, untuk memperbaharui data screening darah saya. Ya sudah, saya kembali Donor Apheresis di RSK Dharmais besoknya.

Sekitar seminggu setelah itu, Pandji Pragiwaksono mengupload video dia donor darah di channel YouTUBE nya. 

Videonya ada disini: https://youtu.be/6k9o12N9I4o

Setelah menonton itu, jadi kepikiran buat donor lagi di PMI Keramat. Sekalian ngerasain sendiri kondisi terbaru donor darah Whole Blood di PMI, dimasa pandemi ini.

Banyak Perubahan ternyata, selain protokal kesehatan masa pandemi, flow tahapan donornya mulai dari pengambilan form sampai donor juga cukup banyak berubah.

Diteras gedung, setelah cek suhu oleh pak satpam, saya ditanya, boleh nggak kalau darahnya didonorkan kepada pasien yang sudah ngantri buat dapetin donor.

Awal Pandemi kemarin saya sempet dapat cerita kalau banyak keluarga pasien yang menunggu didepan PMI buat deketin orang-orang mau donor, jika golongan darahnya sama, mereka minta donornya untuk keluarga mereka. Sekarang itu sudah nggak ada, sudah dibantu sama mbak-mbak diteras buat nanyain/nawarin itu. Kalau OK, di form pendaftarannya langsung ditandain darah ini nanti untuk siapa.

Awal berangkat dari rumah saya sebenernya sudah menghubungi keluarga pasien yang terdaftar di website Blood4Life.ID, sampai di PMI ternyata kebutuhan darahnya sudah terpenuhi. Jadi donor saya bebas mau dikasih kesiapa aja.

Setelah isi form & ngasih ke meja registrasi, saya ngantri untuk cek HB lalu ngantri buat masuk ke ruangan dokter untuk tensi tekanan darah. Diruang dokter ini ada pintu buat masuk ke ruang donor.

Ada sekitar 10 bed diruangan ini, area Donor Apheresis diubah menjadi ruang tunggu biar nggak terlalu padat (protokol kesehatan)

Masuk ruangan donor, saya menyerahkan form yang sudah diisi sama petugas sebelumnya ke meja petugas donor. 

Saya diminta untuk cuci tangan sampai siku dengan sabun, sebelum duduk nunggu giliran.

Tempat tidur donor darah sebelum saya pakai disemprot desinfektan, dan akhirnya saya donor darah.

Kalau biasanya saya donor Apheresi sekitar 1 jam, donor darah Whole Blood jadi kerasa cepat sekali. ?

Saya diambil darahnya sebanyak 450cc, pakai kantong yang paling besar.

Selesai donor, saya menukarkan kupon makan dikantin PMI lalu naik ke ruangan Donor Apheresis untuk tanya-tanya lagi sekalian minta kontak WA, buat koordinasi saat sudah waktunya donor darah Apheresis di tahun 2021. InsyaAllah.

Selamat Tahun Baru 2021 kawan-kawan semua, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan rutin mendonorkan darahnya.

??

Ferdian Kelana

www.FerdianKelana.com


Ferdian Kelana

Ferdian Kelana

Edu. Board Game Designer at Demeira Nusantara (www.demeira.com). #Supporter Blood4LifeID & Rumah Millennials.

1 Komentar

  • tommy santoso

    tommy santoso

    1 jam yang lalu

    kalau mau apheresis di PMI mesti konfirmasi dulu sebelumnya 1 hari baru dikabari kapan dimulainya 62 851-0060-6733 ini wa nya kalo sdh lolos tes pembuluh darah dan pendaftaran awal kedepannya mereka yang hubungi kita atau sebaliknya diPMI apheresis jedanya 1 bulan saya kombinasi disana dan RS dharmais kalo dipmi ditolak paling saya door wb

Berikan Komentar

Kritik dan Saran