Blood4LifeID Mengajak Komunitas dan Organisasi Kamu Untuk Berkolaborasi Bersama

JAKARTA - Blood4Life.ID | Selama 10 Tahun ini, Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID) hadir untuk membantu menjembatani kebutuhan darah di Indonesia, disaat stok darah di Bank Darah PMI atau UTD RS (Unit Transfusi Darah Rumah Sakit) sedang kekurangan sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan darah masyarakat di kotanya.

Bisa dibilang saat ini Blood4LifeID menjadi rujukan utama bagi masyarakat, saat mereka diminta untuk mencari pendonor-darah oleh Bank Darah.

Selama ini kami menyebarkan informasi kebutuhan darah beserta narahubung (contact person) rekan/keluarga pasien, melalui media sosial yang kami kelola. Mulai dari Twitter, Facebook, termasuk Instagram. Media sosial Blood4LifeID ini kami sebut sebagai IGD Virtual Blood4LifeID.

Dengan adanya penyebaran info lewat media sosial, memang membuat kebutuhan darah menjadi lebih cepat terpenuhi. Akan tetapi efek sampingnya adalah tersebarnya nomor kontak narahubung kemana-mana, yang terkadang dapat mengganggu mereka di kemudian hari.

Oleh sebab itu, sudah sangat mendesak untuk mengumpulkan dan mengelola data para pendonor-darah ini, dimana salah satu alasan utamanya agar kontak narahubung tidak tersebar lebih luas lagi. Informasi kebutuhan darah dan narahubung hanya akan disebarkan kepada para pendonor potensial, yaitu dibatasi hanya disebar kepada pendonor yang masuk dalam kategori ini:

  • Golongan darahnya sama.
  • Tinggal di kota yang sama.
  • Sudah waktunya donor darah.

Kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak atau susah sekali mendapatkan pendonornya, baru akan disebar kesemua anggota didalam sistem. Disebarkan ke media sosial akan menjadi pilihan terakhir, ketika upaya pencarian ke anggota website tidak berhasil.

Blood4LifeID beberapa tahun ini berusaha untuk merancang dan membuat website yang sesuai dengan kebutuhan itu, terutama untuk migrasi IGD Virtual Blood4LifeID dari Media Sosial ke website. Media Sosial tentunya akan tetap digunakan untuk edukasi dan penyebaran informasi kegiatan sosial.

Tanggal 8 Desember 2019 kemarin, dalam rangkaian Bulan Relawan Nasional, Blood4LifeID mulai memperkenalkan website baru yang beralamat di www.Blood4Life.ID dengan status Beta. Status Beta ini berarti kami masih sangat butuh feedback dari para pengguna website agar jadi jauh lebih baik lagi.

Kami terbuka mengajak kolaborasi dengan sebanyak-banyaknya Komunitas, Organisasi, dan juga Perusahaan yang berkenan untuk mengajak anggota dan penggurusnya untuk register diwebsite ini sebagai pendonor darah atau bisa juga yang hanya menjadi relawan.

Ada 3 target utama yang coba Blood4LifeID kumpulkan diwebsite ini:

  • Orang yang sudah pernah Donor Darah.
  • Orang ingin Donor Darah tapi belum bisa atau belum sempat donor.
  • Orang yang ingin membantu, tetapi belum atau tidak bisa donor karena alasan kesehatan.

FITUR
Website Blood4LifeID saat ini memiliki beberapa fitur, seperti Acara (event), Cerita (Story), Forum, dan juga Referensi (Referral)

Bagi komunitas dan organisasi yang berkolaborasi dengan Blood4LifeID, nanti info acara yang dibuat bisa kami sebarkan informasinya kepara pengguna web yang lain melalui notifikasinya. Selain itu, dalam Forum Komunitas juga dapat kami buatkan sub Forum dengan nama komunitas atau organisasi kamu. Harapannya para komunitas dan organisasi disana dapat saling berkolaborasi dan berkembang bersama.

Fitur Referensi (Referral) dapat dimanfaatkan oleh komunitas untuk melihat siapa saja yang sudah berhasil diundang menjadi pendonor di website. Seperti Organisasi Rumah Millennials (RM) yang punya link referral blood4life.id/ref/RumahMillennials atau SabangMerauke (SM) yang punya link referral blood4life.id/ref/SabangMerauke

Jika dibutuhkan kami bisa bantu untuk membuatkan QR Code link referensi seperti milik RM dan SM dibawah ini.


Penjelasan keempat fitur diatas yang lebih detil dapat dibaca disini.

Berminat kolaborasi dengan Blood4LifeID?
Silahkan isi komentar dibawah ini, atau kirim email ke [email protected]


Ferdian Kelana

Ferdian Kelana

Edu. Board Game Designer at Demeira Nusantara, #Founder ReplayID (SDGs BoardGames) & SatuMeja.com . #Supporter Blood4LifeID & Rumah Millennials.

0 Komentar

  • Belum ada komentar

Berikan Komentar

Kritik dan Saran