Blood4LifeID Mengajak Komunitas dan Organisasi Kamu Untuk Berkolaborasi Bersama

JAKARTA - Blood4Life.ID | Selama 10 Tahun ini, kami (Blood4LifeID) sudah sangat banyak menerima kebutuhan darah yang tidak dapat terpenuhi oleh Bank Darah di PMI atau UTD RS (Unit Transfusi Darah Rumah Sakit). Bisa dibilang saat ini Blood4LifeID menjadi rujukan utama bagi masyarakat, saat mereka diminta untuk mencari pendonor oleh Bank Darah.

Selama ini kami menyebarkan informasi kebutuhan darah beserta narahubung (contact person) rekan/keluarga pasien, melalui media sosial yang kami kelola. Mulai dari Twitter, Facebook, termasuk Instagram. Media Social Blood4LifeID ini kami sebut sebagai IGD Virtual Blood4LifeID.

Penyebaran info kebutuhan di media sosial membuat kebutuhan jadi lebih cepat terpenuhi, tetapi efek sampingnya adalah tersebarnya nomor kontak narahubungnya yang terkadang bisa mengganggu mereka. 

Maka dari itu sudah sangat mendesak untuk mengumpulkan data para pendonor darah ini, agar kontak narahubung ini tidak tersebar terlalu luas lagi. Dimana nanti kebutuhan darah hanya disebarkan kepada para pendonor potensial, dibatasi hanya disebar kepada pendonor yang:

  • Golongan darahnya sama.
  • Tinggal di kota yang sama.
  • Sudah waktunya donor darah.

Blood4LifeID beberapa tahun ini berusaha untuk merancang dan membuat website yang sesuai dengan kebutuhan itu, terutama untuk migrasi IGD Virtual Blood4LifeID dari Media Sosial ke website. Media Sosial tentunya akan tetap digunakan untuk edukasi dan penyebaran informasi kegiatan sosial.

Tanggal 8 Desember 2019 kemarin, dalam rangkaian Bulan Relawan Nasional, Blood4LifeID mulai memperkenalkan website baru yang beralamat di www.Blood4Life.ID dengan status Beta. Status Beta ini berarti kami masih sangat butuh feedback dari para pengguna website agar jadi jauh lebih baik lagi.

Halaman Muka Website

Kami terbuka mengajak kolaborasi dengan sebanyak-banyaknya Komunitas, Organisasi, dan juga Perusahaan yang berkenan untuk mengajak anggota dan penggurusnya untuk register diwebsite ini sebagai pendonor darah atau bisa juga yang hanya menjadi relawan.

Ada 3 target utama yang coba Blood4LifeID kumpulkan diwebsite ini:

  • Orang yang sudah pernah Donor Darah.
  • Orang ingin Donor Darah tapi belum bisa atau belum sempat donor.
  • Orang yang ingin membantu, tetapi belum atau tidak bisa donor karena alasan kesehatan.

Berminat kolaborasi dengan Blood4LifeID?
Silahkan isi komentar dibawah ini, atau kirim email ke [email protected]

Website Blood4LifeID saat ini memiliki beberapa fitur Acara (event), Cerita (Story), Forum, dan juga Referensi (Referral)

Fitur Acara ini disediakan untuk menampilkan informasi acara-acara donor-darah atau kegiatan sosial yang dibuat oleh pengguna website ini. Untuk komunitas dan organisasi yang berkolaborasi dengan Blood4LifeID, nanti kami bisa sebarkan informasinya kepara pengguna web yang lain melalui notifikasinya.

Halaman Fitur Event

Fitur Cerita ini disediakan bagi pengguna yang ingin berbagi cerita yang berhubungan dengan donor darah. Ada beberapa kategori yang kami siapkan, antara lain:

  • Cerita Donor-Darah Pertama
  • Cerita Donor Darah Unik
  • Cerita Donor Apheresis
  • Cerita Pendonor Senior (45+)
  • Cerita Pasien

Halaman Fitur Cerita

Fitur Forum ini disediakan sebagai tempat untuk berdiskusi antar pengguna website. Ada 3 Forum Utama yang dibuat, yaitu:

  • Forum SauDarah (Saudara Segolongan darah), dimana didalamnya ada 5 sub forum yang hanya dapat dilihat dan diakses oleh pengguna yang golongan darahnya sesuai.
    Ada SauDarahA (A+), 
    SauDarahB (B+), SauDarahO (O+), SauDarahAB (AB+), dan SauDarah Negatif (Seluruh Rhesus Negatif). Forum ini masih dalam tampilan seadanya, tetapi sudah dapat digunakan. 
  • Forum Komunitas, ini kami sediakan bagi komunitas dan organisasi yang berkolaborasi dengan Blood4LifeID, jika diinginkan, kami akan membuatkan sub forum khusus dengan nama komunitas atau organisasi. Harapannya nanti antar membernya bisa saling berkolaborasi dan misi komunitas atau organisasi ini dapat juga diketahui olah pengguna yang lain.
  • Forum Regional, ini kami buat para pendonor darah dan relawan yang ada dimasing-masing kota saling berinteraksi. Mulai dari tingkat Provinsi sampai tingkat kota yang ada di provinsi itu. Pernah terbayang kalau komunitas relawan ini bisa saling berkolaborasi atau membuat kompetisi antar kota. Sepertinya akan seru.

Fitur Referensi (Referral) ini disediakan buat pengguna yang sudah mencoba untuk mengajak kawan-kawannya untuk menjadi pendonor darah atau relawan diwebsite ini, tau siapa saja yang berhasil dia ajak. Caranya cukup dengan mendaftarkan email orang yang ingin diundang, atau berikan link referensi penggunanya ke orang-orang yang ingin diundang via Chat WhatsApp, Telegram, Line, dll

Halaman Fitur Undang Kawan

Untuk komunitas dan organisasi juga bisa nggunakan fitur ini dengan membuat akun khusus komunitas atau organisasinya, nanti akan punya link referensi juga. Seperti Rumah Millennials yang punya link referral https://blood4life.id/ref/RumahMillennials, untuk lebih mudahnya kami bisa bantu buatkan QR Code untuk link referensi ini seperti dibawah ini.



Berminat kolaborasi dengan Blood4LifeID?
Silahkan isi komentar dibawah ini, atau kirim email ke [email protected]

Ferdian Kelana

Ferdian Kelana

Edu. Board Game Designer at Demeira Nusantara (www.demeira.com). #Supporter Blood4LifeID & Rumah Millennials.

3 Komentar

Berikan Komentar

Kritik dan Saran