Donor ke-2 dimasa Waspada Covid-19
Cerita ini dibuat saat donor darah pada tanggal 02 April 2020

Mewabahnya Virus Covid-19 di Indonesia sangat amat membuat khawatir masyarakat di Indonesia, bahkan di dunia. Pemerintah sudah mengkampanyekan banyak hal, mulai jaga jarak dengan warga yang lain sampai beraktivitas di rumah saja.

Tindakan yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua warga negara, karena kita tidak tahu dimana Virus ini berada. Virusnya sih nggak bisa terbang atau berjalan, tetapi dia sangat mudah untuk berpindah tempat dengan menempet dibanyak tempat yang biasa kita pegang-pegang. 

Bagi yang sudah positif mengidap Cofid-19, muncratan (cipratan) liur mereka saat berbicara itu juga membawa si virus itu jatuh kemana-mana. Bahkan orang yang sehat pun, apalagi kalau daya tahan tubuhnya sangat tinggi, tidak akan merasakan sakit yang biasa dirasakan oleh pasien covid-19 pada umumnya. Tetapi dia juga sangat berpotensi untuk menularkan virus itu ke orang lain.

Maka dari itu, sekarang pemerintah sudah mewajibkan warga yang terpaksa keluar rumah untuk menggunakan masker penutup mulut, kita semua sudah menjadi bagian ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Kondisi ini juga yang terjadi di RSK Dharmais hari kamis (02/04/2020) kemarin saat saya mau Donor Darah, semua orang yang datang kesana harus menggunakan masker penutup mulut. Khusus petugas Bank Darah, wajib menggunakan pakaian APD (Alat Perlindungan Diri).

Saya yakin menggunakan APD ini akan sangat tidak nyaman, apalagi mereka harus menggunakan itu hampir setiap hari selama bertugas. Pengorbanan para petugas ini, harus kita hargai. Salah satu caranya adalah dengan rutin donor darah, sesuai dengan waktunya.

Donor Darah yang biasa (Whole Blood) bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali, sedangkan Donor Apheresis yang saya lakukan ini bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Maka dari itu, yuk kita donor darah rutin. Banyak sekali orang yang membutuhkan transfusi darah kita. Kita Donor Darah, dengat tetap Waspada virus Covid-19.

Perjalanan Pergi Pulang tanpa mampir kemana-mana, jaga jarak, pakai masker, gunakan hand sanitizer dengan baik yang tersebar banyak dirumah sakit, jaga tangan untuk tidak banyak memegang barang-barang disana. Semoga niat kita ini dimudahkan, dan kita terhindar dari segala macam penyakit.

#YukDonorDarah buat banyak orang bahagia, beban mereka akan berkurang, kita pun akan ikut berbahagia.


Ferdian Kelana

Ferdian Kelana

Edu. Board Game Designer at Demeira Nusantara (www.demeira.com). #Supporter Blood4LifeID & Rumah Millennials.

0 Komentar

  • Belum ada komentar

Berikan Komentar

Kritik dan Saran